Jumat, 06 November 2020

KUNCI JAWABAN BUKU SISWA KELAS 6 TEMA 5 SUBTEMA 1 PEMBELAJARAN 1

Kunci jawaban buku siswa kelas 6 SD tema 5 subtema 1 pembelajaran 1. Pengalaman Belajar dari Negara-Negara ASEAN Hari ini merupakan hari yang penting bagi Udin, Edo, Beni, Siti, Dayu, Lani, dan teman sekelasnya. Mereka akan berkunjung ke pameran budaya ASEAN yang diselenggarakan oleh Sekretariat ASEAN yang terletak di Jakarta.   Wah, tidak sabar rasanya Udin dan teman-teman ingin sampai di sana.  Kebetulan saat ini mereka juga sedang belajar mengenai negara-negara tetangga. Mereka ingin sekali melihat bukti dari yang mereka pelajari.

KUNCI JAWABAN BUKU SISWA KELAS 6 TEMA 5 SUBTEMA 1 PEMBELAJARAN 1
KUNCI JAWABAN BUKU SISWA KELAS 6 TEMA 5 SUBTEMA 1 PEMBELAJARAN 1

 Sesampai di arena pameran, Udin dan teman-temannya dibagi menjadi beberapa kelompok. Pameran diikuti oleh sepuluh negara anggota ASEAN. Masing-masing anjungan tampil menarik dengan ciri khas tiap negara. Anjungan Indonesia tampil dengan ciri khas rumah Toraja yang unik dan menarik.

Terdapat juga anjungan khusus yang dikelola oleh sekretariat ASEAN. Udin menghabiskan banyak waktu di anjungan ini. Anjungan ini menampilkan berbagai informasi tentang peranan ASEAN dalam mengembangkan wirausaha kecil.Anjungan ini juga menampilkan berbagai produk wirausaha daritiap negara.  Berbagai produk kreatif ada di sana. Ada jaket kulit dari pengrajin negara Indonesia, ada manisan buah Thailand  dalam kemasan kaleng, ada alat penyeduh kopi klasik Vietnam, serta ada pula aplikasi agribisnis yang dikembangkan oleh pemuda Indonesia untuk menghubungkan petani dan konsumen.  

Edo terkesan dengan berbagai makanan khas. Memang, Edo selalu tertarik dengan makanan dari berbagai daerah. Ada singkong santan khas Thailand, ada Pho dari Vietnam, ada Larb dari Laos, dan masih banyak makanan lain yang namanya pun baru Edo ketahui. Makanan khas tiap negara menunjukkan ciri khas sumber daya alamnya.  

Beni tertarik dengan anjungan Negara Brunei yang menampilkan Wayang Asik khas negaranya. Wayang ini populer sekitar tahun 1960-an di Kampung Ayer, di tepi Sungai Brunei. Saat ini, Brunei berusaha mengembangkan kembali minat masyarakatnya untuk mempelajari Wayang Asik karena popularitasnya mulai turun sejak masuknya berbagai budaya asing. Hal yang menarik bagi Beni adalah melihat inovasi yang dilakukan anjungan Brunei untuk memperkenalkan Wayang  Asik. Berbeda dengan wayang Indonesia,  yang menampilkan sosok legendaris dunia pewayangan, Wayang Asik ini menampilkan sosok tokoh manusia dalam bentuk kecil. Tinggi wayang hanya sekitar delapan hingga sepuluh cm. Wayang ini dibuat dari kertas tebal dengan pegangan dari kayu. 

Gambar wayang kertas

Gambar wayang kertas

Udin dan teman-teman juga mengikuti aneka lomba yang diadakan oleh beberapa anjungan. Sebelum mengikuti lomba, mereka harus mengisi formulir pendaftaran. Hadiahnya? Tentu saja cendera mata khas dari negara tersebut.

Menyaksikan pameran budaya ASEAN memberi Udin dan teman-teman pengalaman belajar yang berharga. Kini pengetahuan mereka semakin kaya. Pengetahuan dari penjelasan guru, dari buku yang dibaca, serta menyaksikan langsung ragam karya dan budaya yang ditampilkan tiap negara ASEAN.



Halaman 3

Jawab pertanyaan berikut berdasarkan teks.

  •  Mengapa hari ini merupakan hari yang penting bagi Udin dan kawan-kawan?

jawaban:

  Karena dapat Menyaksikan pameran budaya ASEAN  yang dapat memberikan                        pembelajaran  yang berharga. 

  • Apa yang dapat dipelajari dari anjungan khusus yang dikelola oleh sekretariat ASEAN?    

Jawaban:

   Dapat mengenal berbagai produk wirausaha dari tiap negara ASEAN.  


  • Apa pengalaman belajar yang diperoleh Edo?

Jawaban:
           
 Mengetehui makanan dari berbagai daerah seperti singkong santan khas Thailand, ada Pho dari Vietnam, ada Larb dari Laos, dan masih banyak makanan lain yang namanya pun baru Edo ketahui.                                                                    

Halaman 4

Apa pengalaman belajar yang diperoleh Beni?
 
Jawaban:
   Beni dapat melihat inovasi yang dilakukan anjungan Brunei untuk 
   memperkenalkan Wayang Asik
  • Apa pengalaman belajar yang diperoleh Udin?
 Jawaban:
  
    Dapat mengikuti aneka lomba yang diadakan oleh beberapa anjungan. 
  • Jika kamu mendapat kesempatan berkunjung ke arena pameran tersebut, apa kegiatan yang mungkin paling menarik menurutmu? Mengapa?
  Jawaban:

       Ingin melihat anjungan Negara brunei yang menampilkan Wayang Asik
       khas negaranya. 
  • Tulis 3 hal yang menurutmu penting dari teks tersebut!
  Jawaban:

Mengetahui makanan dari negara lain,mengetahui permainan dari negara lain,dan mengenal cri khas dari negara lain




Selanjutnya, kamu akan mengenal berbagai macam magnet. Perhatikan 
magnet yang telah disediakan oleh gurumu.


Magnet Batang

Magnet jarum

Maknet lingkaran
Magnet lagam


Magnet silinder


Halaman 8

Setelah mengamati dan mencoba berbagai macam magnet, jawab pertanyaan
berikut.

  • Apa yang kamu ketahui tentang magnet?
       Jawaban:
          Batu batu yang dapat menarik benda benda yang mengandung logam.
  • Apa saja jenis-jenis magnet yang kamu ketahui?
       Jawaban:
          Magnet batang, Magnet lingkaran,Magnet jarum,Magnet ladam,Magnet silinder.
  • Apa arti simbol U dan S yang terdapat pada magnet? Jelaskan.
      Jawaban:        
 kutub utara (U) dan kutub selatan (S). Sering kita menjumpai magnet yang bertuliskan
N dan S. N merupakan kutub utara  magnet itu (singkatan dari North  yang berarti Utara), sedangkan S kutub selatannya (singkatan dari South  yang berarti selatan).


Formulir A
FORMULIR PENDAFTARAN
LOMBA CERDAS CERMAT ASEAN
1. Identitas diri
a. Nama Lengkap : ……………………………………………………
b.Umur                                        : ……………………………………………………
c. Kelas                                       : ……………………………………………………
d. Alamat                                    : ……………………………………………………
    Kota                                        : ……………………………………………………
    Kode Pos                                : ……………………………………………………
e. No. Telepon Rumah               : ……………………………………………………
f. Nama Sekolah                        : ……………………………………………………
g. Alamat Sekolah                     : ……………………………………………………
h.No. Telp Sekolah                    : ……………………………………………………
i. No. Kartu pelajar                    : ……………………………………………………

2. Jenis lomba yang akan diikuti:                                               ……………………………………………….............................................................

Tanda tangan,
(Nama lengkap)



Catatan: Formulir yang sudah ditandatangani diserahkan kepada panitia
di masing-masing stan.


Formulir B
12
1. Identitas diri
FORMULIR PENDAFTARAN
KEGIATAN EKSTRAKURIKULER
a. Nama Lengkap              : ……………………………………………
b.Umur                              :……………………………………………
c.Kelas                               : ……………………………………………
d. No. Induk Siswa (NIS) : ……………………………………………

2. Jenis Ekstrakurikuler yang akan diikuti:
     Pilihan 1: ………………………………………………………………………
     Pilihan 2: ………………………………………………………………………

Tanda tangan,
(Nama lengkap)


Catatan: Formulir yang sudah ditandatangani serahkan kepada guru kelas.
Jawab pertanyaan berikut berdasarkan teks.

           Halaman 12
  • Apa saja yang kamu temukan dalam kedua formulir tersebut?                                               Jawaban:                                                                                                                          Nama,umur,kelas,dan tanda tangan
                                                                                                                                                              Halaman  13
  • Apa perbedaan antara formulir A dan formulir B?
          Jawaban :
          Formula A memiliki keterangan alamt tempat tinggal dan alamat sekolah.
  • Apa tujuan dari formulir A?
       Jawaban:
       agar mudah mengetahui identitasnya.
  • Apa tujuan dari formulir B?
            Jawaban:
            Untuk memudahkan mengurutkan peserta lomba.
    • Mengapa formulir itu kita butuhkan?                                         
         Jawaban:
         untk melihat siswa mengikuti kegiata apa saja.

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    ISI DAN KUCI JAWABAN KELAS 6 TEMA 5 SUB 1 PEMBELAJARAN 3

    Kunci jawaban kelas 6 tema 5 sub 1 pembelajaran 3 Percobaan Sifat-Sifat Magnet Tujuan percobaan: - Mengidentifikasi sifat-sifat magnet. Alat...